5 Manfaat Penggunaan Mikrotik Pada Jaringan

5 Manfaat Penggunaan Mikrotik Pada Jaringan

Jasa setting mikrotik kini sudah tidak asing lagi di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bagi yang belum paham mengenai Mikrotik, Mikrotik adalah sebuah produk router yakni sebuah perangkat pada instalasi jaringan internet yang dapat menghubungkan lebih dari satu jaringan serta dapat mengelola jalan dan kinerja paket data yang digunakan untuk dapat sampai ke perangkat komputer yang dituju.

Terdapat banyak sekali jenis router Mikrotik yang kini telah tersedia di pasaran dengan level atau tingkatan kecanggihannya masing-masing. Router Mikrotik yang sering digunakan dalam beberapa penyedia layanan jasa setting Mikrotik Indonesia adalah router Mikrotik dengan harga yang terjangkau. Namun perlu diketahui, bahwa tersedia router Mikrotik dari harga yang terjangkau hingga harga yang super mahal. Semakin canggih teknologi yang dihadirkan dan dimiliki oleh sebuah router Mikrotik, maka harga yang dibandrolkan pun akan semakin mahal. Sudah menjadi hukum alam yang wajar terjadi.

Manfaat Penggunaan Mikrotik

Setelah menyimak tentang sedikit pengertian singkat dan kegunaan router Mikrotik di atas, kini saatnya untuk membahas manfaat pemakaian router Mikrotik yang belum banyak diketahui. Jadi, router Mikrotik tak hanya dapat digunakan sebagai penghubung jaringan saja. Namun ada banyak manfaat lain yang ada di dalam router Mikrotik.

Bagi Anda yang hendak melakukan pemasangan atau instalasi jaringan internet, Anda dapat meminta informasi dari pihak penyedia jasa setting Mikrotik mengenai manfaat penggunaan Mikrotik seperti berikut:

  1. Dapat digunakan sebagai routing

Sudah sedikit dibahas mengenai manfaat router Mikrotik yang satu ini di awal penjelasan yakni sebagai router atau media penghubung jaringan. Yang lebih efektif dari router Mikrotik ini adalah kemampuan routingnya yang dapat menghubungkan perangkat dengan lebih dari satu jaringan serta dapat memilih jalur yang paling optimal menuju ke perangkat komputer atau perangkat tujuan lainnya.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan jasa setting Mikrotik terpercaya banyak yang memilih Mikrotik sebagai routernya. Sebagai contoh, semisal terdapat tiga kantor cabang penyedia jaringan A, B dan C, maka peran router Mikrotik disini sebagai pengatur jalur ketiga kantor A, B dan C sehingga dapat terhubung dengan sempurna satu dengan yang lainnya ke dalam jaringan internet.

  1. Dapat digunakan untuk Acces Point

Selain digunakan sebagai dalam proses routing yang menghasilkan kinerja maksimal, router Mikrotik juga berfungsi sebagai aces point yang handal dan mumpuni pada jaringan WiFi. Hal ini disebabkan router Mikrotik dibekali dengan interface wireless yang memiliki cakupan sangat luas. Tak heran jika kebanyakan pihak penyedia jasa setting Mikrotik Jakarta dan kawasan atau daerah lain saat ini semakin dicari banyak orang untuk melakukan pemasangan jaringan internet. Sebagai contoh, kini telah banyak sekali satuan pendidikan seperti sekolah, perguruan tinggi, kafe hingga layanan publik lainnya yang menerapkan Mikrotik sebagai router yang sangat efektif dan efisien baik saat pemasangan maupun dalam proses penggunaannya. Jika memilih jasa setting Mikrotik yang tepat, maka proses instalasinya akan jauh lebih mudah dengan hasil yang memuaskan.

  1. Dapat digunakan sebagai Internet Gateway bagi LAN

Pada proses Local Area Network atau LAN yang memiliki jaringan lokal juga dapat bekerja secara maksimal apabila terdapat router Mikrotik yang benar-benar profesional dijadikan media jaringan. Router Mikrotik juga dapat digunakan sebagai gateway jaringan lokal sehingga dapat menghubungkan beragam jaringan lokal tersebut yang nantinya dihubungkan ke internet secara lebih luas.

Meskipun memiliki manfaat yang banyak dan beragam, namun jangan cemas karena biaya jasa setting Mikrotik sama seperti pemasangan atau instalasi setting produk lainnya. Router Mikrotik nantinya akan dapat mengatur ruang gerak dan lintasan data pada jaringan internet yang masuk maupun yang keluar. Bahkan router Mikrotik juga sangat efektif berfungsi sebagai pengatur konten yang dapat atau tidak dapat diakses oleh client. Konfigurasi LAN dapat dijalankan hanya dengan memanfaatkan PC Mikrotik router OS dan dengan hardware requirements yang cukup rendah yang berfungsi untuk memudahkan prosesnya.

  1. Dapat digunakan sebagai Virtual Private Network atau VPN

Banyak penyedia jasa setting Mikrotik murah yang tetap konsisten menggunakan produk Mikrotik karena manfaatnya yang jelas dan nyata serta menguntungkan. Salah satunya adalah dapat digunakannya router Mikrotik sebagai VPN. Maksudnya disini adalah router Mikrotik dapat menjalankan fungsi penghubung atau mengoneksikan satu jaringan dengan jaringan lain secara personal lewat jaringan internet publik.

Jika masih banyak orang yang beranggapan bahwa penggunaan jaringan internet publik memiliki privasi yang rendah dan sangat rawan dengan terjadinya pengambilan data tanpa ijin atau pencurian data, namun dengan VPN yang dikerjakan oleh router mikrotik menerapkan metode enskripsi untuk melakukan acak data sehingga kemanannya cukup terjamin dan tak perlu dikhawatirkan. Selain itu, pengacakan data juga bertujuan agar data yang ditransmisikan hanya bisa diakses oleh pihak atau orang yang memang memiliki hak untuk mengakses data atau file tersebut saja.

  1. Memisahkan bandwith traffic

Manfaat router Mikrotik dalam kinerjanya yang selanjutnya adalah dapat memisahkan bandwith traffic. Yang dimaksud disini adalah bandwith traffic yang berasal dari luar atau internasional dan bandwith traffic yang berasal dari dalam negeri atau local serta yang lainnya. Dengan demikian, pengakses jaringan akan lebih dipermudah dan proses aksesnya menjadi terpusat pada data atau file dan resource yang benar-benar dibutuhkan. Para pengguna jaringan juga akan lebih merasa dipemudah dengan sistem yang dimiliki router Mikrotik ini.

InsideNetwork Sebagai Penyedia Jasa Setting Mikrotik Profesional

Meskipun terdapat banyak sekali pihak perusahaan yang menyediakan layanan jasa setiing atau instalasi jaringan internet, namun belum semua perusahaan mampu mengerjakannya secara profesional. InsideNET atau InsideNetwork merupakan salah satu perusahaan berkualitas yang bergerak dalam berbagai bidang dan program teknologi informasi dan komunikasi.

InsideNET menyediakan jasa pemasangan baik bagi perkantoran maupun perorangan dengan para tenaga ahli yang sangat berpengalaman, profesional dan ahli pada masing-masing bidangnya. Berada di bawah naungan CV Aladdin Nusantara yang beralamatkan di kawasan Jakarta Selatan, InsideNET penyedia jasa setting Mikrotik ini memiliki berbagai macam pelayanan yang tidak hanya sebatas pemasangan atau proses instalasi.

Program pelayanan yang disediakan oleh InsiodeNetwork yang memiliki situs resmi di instalasijaringan.net ini antara lain Jasa training atau pelatihan jaringan dengan materi lengkap dan mencakup banyak hal serta tentor atau pengajar yang berpengalaman dan sangat profesional. Program selanjutnya antara lain Jasa konsutasi jaringan, jasa instalasi jaringan, jasa perawatan jaringan hingga jasa perbaikan jaringan. Selain tenaga ahli yang handal dan mumpuni, InsideNET juga sangat familiar dan menguasai berbagai produk yang berkaitan dengan jaringan internet dan perangkatnya termasuk Mikrotik.

Demikianlah beberapa informasi mengenai berbagai fungsi atau manfaat pemasangan router Mikrotik yang ternyata sangat banyak dan optimal. Pada proses instalasi atau pemasangannya, banyak jasa setting Mikrotik yang secara profesional dalam pengerjaan dan menghasilkan kinerja yang tak jauh maksimal.

Deskripsi: Manfaat Mikrotik sebagai adalah sebagai produk router yang handal dan kini jasa setting Mikrotik tersedia untuk membantu layanan tersebut!

Download materinya disini

 

 

Daftar Pustaka :

http://instalasijaringan.net/manfaat-jasa-setting-mikrotik/

 

Satu pemikiran pada “5 Manfaat Penggunaan Mikrotik Pada Jaringan”

Tinggalkan komentar